Grafis adalah tulang belakang untuk memproduksi produk multimedia seperti yang dilihat di pasar hari ini. Penggunaan
grafis membutuhkan pengguna atau pengembang software kursus multimedia
mengerti dan tahu bagaimana akan merealisasikan grafis dengan lebih
efektif. Produksi produk multimedia memerlukan kombinasi grafis yang menarik. Dengan
itu, elemen-elemen seperti gambar, klip art, foto dan garis adalah
penting untuk membangun dan menghidupkan latarbelakang serta karakter.
Selain itu, juga penting untuk konten informasi. Grafis dapat dikembangkan dengan menggunakan berbagai peralatan termasuk perangkat lunak menggambar seperti Paint Shop Pro, Illustrator dan Adobe Photoshop. Selain itu, ia dapat direalisasikan dengan bantuan scanner gambar dan kamera digital.
Untuk menghemat ruang dan kualitas yang baik untuk berbagai aplikasi yang digunakan, grafik dapat disimpan dalam file yang memiliki berbagai format dan ukuran.
Kepentingan Grafis
Umumnya grafis terbagi menjadi tiga bagian yaitu:
Selain itu, juga penting untuk konten informasi. Grafis dapat dikembangkan dengan menggunakan berbagai peralatan termasuk perangkat lunak menggambar seperti Paint Shop Pro, Illustrator dan Adobe Photoshop. Selain itu, ia dapat direalisasikan dengan bantuan scanner gambar dan kamera digital.
Untuk menghemat ruang dan kualitas yang baik untuk berbagai aplikasi yang digunakan, grafik dapat disimpan dalam file yang memiliki berbagai format dan ukuran.
Kepentingan Grafis
Umumnya grafis terbagi menjadi tiga bagian yaitu:
- Grafis desain (graphics design)
- Grafis ilustrasi (graphics ilustration)
- Grafis periklanan. (Graphics advertising)
Apa itu grafis desain?
Grafis desain adalah proses kreativitas yang menggunakan lukisan dan teknologi untuk menyampaikan ide-ide. Tujuannya adalah untuk menyampaikan pesan, dan kini merupakan satu tantangan bagi desainer grafis karena mereka harus memindahkan hasil kerja ke dalam desain komunikasi maya untuk menyampaikan pesan dan sekaligus untuk meyakinkan pengguna. Desainer grafis yang terampil adalah mereka yang menggabungkan penilaian astetik, produksi teknologi dan keterampilan manajemen proyek untuk mengembangkan strategi komunikasi yang efektif.
Apa itu grafis ilustrasi?
Grafis ilustrasi adalah satu bentuk lukisan jelas dan sempurna yang dapat menyampaikan pesan atau ide tertentu. Grafis ilustrasi adalah teknik produksi grafis untuk menghasilkan tampilan permukaan objek atau lukisan berbantuan teknologi komputer seperti menggunakan Adobe Photoshop, Paint Shop, Freehand atau Illustrator. Ilustrasi yang efektif adalah dapat mencapai tujuan iklan dengan lebih efektif dalam waktu yang singkat. Ilustrasi yang efektif juga dapat menjelaskan gambaran materi yang panjang justru dapat menghemat waktu dan tenaga.
Fungsi Ilustrasi dalam bidang kehidupan harian.
Ia akan muncul bersama artikel dalam majalah atau di situs iklan-iklan, poster, label-label barang dan sebagainya. Juga terdapat pada kartu-kartu ucapan elektronik, kalender, kulit buku yang dipromosikan oleh perusahaan e-commerce di Internet. Untuk menjelaskan isi buku yang dijual secara online, terutama buku-buku cerita untuk anak.
Fungsi ilustrasi dalam kehidupan harian kita sebenarnya terlalu banyak tanpa kita menyadari, misalnya penggunaan Internet. Banyak barang-barang yang telah dipromosikan seperti pakaian, kue, toys, kartu ucapan, dan juga buku-buku ditawarkan secara online. Barang tersebut disampaikan dalam bentuk gambar yang memiliki rupa dan bentuk serta warna.
Jenis-jenis ilustrasi.
Sederhana, lucu dan menyenangkan hati pembaca.
Berbentuk fantasi atau khayalan.
Berbentuk sindiran (hampir sama dengan ciptaan komik dan kartun)
Jenis representasi dengan memberi gambaran bernyawa ke benda-benda bukan hidup atau bukan manusia.
Bertujuan untuk hiasan (biasanya digunakan pada judul artikel di situs web)
Memperjelas isi sesuatu konsep pengajaran atau konteks buku elektronik.
Proses menghasilkan grafis ilustrasi
Tentukan tema dan judul yang sesuai untuk grafik yang dibangun.
Lakukan penelitian dan observasi berkait dengan tema dan judul.
Menentukan kesesuaian ilustrasi dengan tema yang dikembangkan.
Jika perlu, pilih typeface yang sesuai.
Buat sketsa kecil, dan pilih sketsa yang sesuai serta susun berdasarkan ukuran sebenarnya.
Tentukan warna yang sesuai.
Apa itu grafis iklan?
Iklan meliputi segala bentuk pesan tentang barang dan jasa yang lahir dari penyebab yang berbeda. Kebanyakan iklan disalurkan melalui saluran media seperti, televisi, website, poster, majalah, papan bulletin dan berbagai media lagi. Iklan adalah seni yang kompleks karena melibatkan bidang sains dan teknologi, ilmu bisnis, pengetahuan sosial dan budaya dan keterampilan dalam bidang seni desain.
Grafis iklan adalah kombinasi teks, warna, audio, video, sudut, garis dan tekstur. Tujuan iklan adalah untuk mencari peminat produk atau layanan. Untuk menarik minat seseorang itu, iklan harus bersifat cantik sehingga ia memiliki daya tarik. Selain itu, sifat iklan untuk menyampaikan informasi sangat diperlukan. Grafis iklan adalah teknik-teknik dan proses untuk mewujudkan nilai-nilai keindahan yang memberi daya tarik suatu produk. Penggabungan grafis, animasi dan produk memerlukan suatu daya kretaiviti untuk memungkinkan pesan disampaikan dengan mudah kepada kelompok sasaran.
Dalam pengembangan grafis periklanan, ada beberapa hal penting perlu diperhatikan, di antaranya:
Judul-harus menarik dan ringkas sehingga dapat memikat perhatian orang yang membaca teks iklan. Biasanya harus typeface yang besar dan jelas.
Cogankata - sangat penting dan harus dapat menampilkan kualitas serta keistimewaan barang yang diiklankan.
Ilustrasi - menunjukkan gambar nyata barang yang diiklankan, akurasi lukisan dan foto biasanya dalam warna yang menarik.
Rangka reka (Border) - merupakan perbatasan untuk isi sebenarnya iklan, fungsinya untuk mengontrol penglihatan pembaca supaya fokus ditarik ke tengah. Rangka reka biasanya menggunakan garis sederhana diolahkan untuk menjadi corak yang cantik.
Logo - sangat penting karena melambangkan perusahaan atau pembuat barang.
Nama dan alamat - sebagai pemberitahuan untuk berhubungan atau pembuat produk.
Warna - sangat diperlukan, warna yang efektif akan membuat iklan lebih dinamis dan menarik. Pilihan warna harus sesuai dengan fungsi iklan, jika iklan harus disiarkan dalam warna hitam putih saja atau monokrom, perhatian harus diberikan kepada manajemen dan pengolahan unsur seni sehingga dapat menghasilkan iklan yang efektif.
Grafis adalah elemen yang penting untuk menarik perhatian atau persepsi orang lain untuk menilai sesuatu hasil kerja yang dilakukan. Setiap orang memiliki persepsi yang berbeda dalam hal :
- Latarbelakang (3D/2D)
- Kombinasi Warna yang digunakan
- Susunan Teks pada halaman grafis yang dibangun
- Jumlah Objek yang ada pada satu halaman
- Sudut pandangan terhadap objek atau teks yang disusun
- Elemen-elemen Grafis
Dengan menggunakan teknologi komputer, elemen-elemen grafis dapat diubah menjadi berbagai bentuk. Untuk menghasilkan grafis berkualitas, pengembang harus mengerti tentang elemen-elemen yang ada dalam grafik. Di antaranya adalah:
- Garis
- Bentuk
- Ruang
- Tekstur
- Warna
.::Sumber : http://smksy.tripod.com/Grafikmm.htm ::.


Tidak ada komentar:
Posting Komentar